Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat



Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat

PKN

1.    Upacara tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta jiwa patriotisme pada seluruh peserta didik. mengingat perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa para pahlawan

2.  Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban.

3.  Tanggung jawab warga Negara Indonesia adalah melaksanakan kewajiban dan hak dengan benar atau sunguh-sungguh atau secara seimbang

4.    Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara. Adapun tanggung jawab warga negara adalah membayar pajak tepat waktu.

5.    Dalam kehidupan sehari-hari,menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina kerukunan di antara warga masyarakat, antar pemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan.

6.    Contoh pelaksanaan hak dengan benar antara lain memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam, serta memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya

7.    Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum.

8.    Wajib Pajak, yakni orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan.

9.    Di Indonesia, setiap orang wajib mendaftarkan diri dan mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP)

 

B. Indonesia

10.  Gagasan utama dapat terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, dan di awal serta di akhir paragraf.

11.  Gagasan utama juga ada yang terletak di tengah paragraf. Gagasan utama/ide pokok/pokok pikiran memiliki ciri yang paling umum di antara kalimat-kalimat lainnya. Kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang bersifat menerangkan maksud dari gagasan utama yang berada di dalam kalimat utama.

IPS

12.  Tingkat kesejahteraan masyarakat setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di antaranya disebabkan pendapatan setiap kepala keluarga berbeda-beda dan tingkat kesejahteraan masyarakat juga disebabkan oleh kemiskinan, letak geografis, globalisasi, lapangan kerja, kualitas masyarakat, dan persebaran penduduk

13.   Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah daerah dan pemerintah pusat melakukan

a.    Mengubah pembangunan yang berorientasi di kota besar menjadi pembangunan yang merata hingga kepelosok desa.

b.    Menyelenggarakan pelatihan untuk masyarakat desa. Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) untuk dilatih membatik Masyarakat yang sejahtera berada dalam keadaan sehat.

c.    Melakuan pembangunan Nasional

d.    Meningkatkan kualitas pendidikan

e.    Meningkatkan kualitas kesehatan

f.    Mengelola sector-sektor penting

g.    Melestarikan budaya nasional

h.    Meningkatkan keamanan nasional

14.  Kesehatan masyarakat dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan masyarakat sehat diperlukan kerja sama

15.   Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

16.   Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya:

a.    melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin,

b.    memilah dan mengolah sampah bersama-sama,

c.    menanam pohon di lingkungan rumah,

d.    mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air).

17.   Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia mempunyai ciri-ciri:

a.    Diakhiri tanda tanya

b.    Diawali dengan kata tanya (ADIKSIMBA)

c.    Kalimat yang tidak menggunakan kata tanya ADIKSIMBA biasanya menggunakan partikel-kan atau –ya kan di akhir kalimat yang dipisahkan tanda koma.

d.    Kalimat tanya mempunyai dua macam intonasi yaitu intonasi naik pada kalimat tanya yang membutuhan jawaban ya atau tidak, serta intonasi turun pada kalimat tanya yang membutuhkan jawaban panjang.

18.   Peran masyarakat untuk mengembangkan bangsa yang sejahtera:

a.    Membayar pajak

b.    Meningkatkan ekonomi masyarakat desa

c.   Membeli dan menggunakan produk dalam negeri

d.   Belajar yang rajin dan tekun agar berprestasi

e.    Menjaga kelestarian alam

f.    Mengikuti kegiatan pembinaan kesejahteraan keluarga

g.    Menanamkan minat baca

 

IPA

19.   Menstruasi atau haid adalah keluarnya sel telur (ovum) yang tidak dibuahi bersama lapisan dinding Rahim yang mengandung banyak pembuluh darah.

20.  Lama Menstruasi antara 5 – 10 hari

21.   Siklus menstruasi biasanya 28 – 35 hari

22.   Lama menstruasi dan siklus setiap anak berbeda-beda tergantung dari faktor makanan, gangguan emosional, stress atau kondisi kesehatan

23.  Menstruasi menunjukkan bahwa perempuan telah siap untuk bereproduksi melalui proses kehamilan.

24.   Pada usia 50 tahun perempuan tidak mengalami menstruasi lagi yang disebut dengan menopause.

25.   Perempuan menopause sudah tidak dapat mengalami kehamilan

26.   Perubahan skunder pubertas anak perempuan:

a.    Kulit berminyak dan muncul jerawat

b.   Perubahan bentuk dada

c.   Tumbuh rambut di bagian tertentu

d.    Perubahan ukuran pinggul

SBDP

27.   Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen.

28.   Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.

29.   Berdasarkan tujuannya reklame terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil.

30.   Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan.

31.   Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

a.   Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang.

b.   Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas.

c.   Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat.

32.   Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan.

33.   Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan

34.  Langkah-langkah membuat poster:

a.    Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

b.   Buatlah sketsa gambar yang akan disajikan!

c.    Sempurnakan sketsa gambar dengan menebalkan garis menguatkan spidol atau krayon!

d.    Tuliskan isi pesan pada tempat yang telah disediakan gambar

e.    Warnai gambar poster sehingga tampak menarik!

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 6 Subtema 1

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MI AL MANAAR KUDUS TAHUN 2022/2023