Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi

 

Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi

 


Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam berbagai konteks di kehidupan masyarakat. Komunikasi sering dikaitkan dengan proses interaksi manusia. Selain itu, komunikasi juga menjadi pembentuk karakter seseorang. Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang sama.

Organisasi adalah suatu kelompok atau kumpulan orang dalam suatu wadah yang memiliki tujuan bersama.  Manajemen organisasi merupakan suatu usaha atau cara kerja yang sistematis dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Person didalam organisasi tentu saja memiliki karakteristik, perilaku, pola pikir, dan latar belakang budaya yang berbeda. Perbedaan inilah yang seharusnya bukan menjadi penghalang untuk mencapai tujuan sebuah organisasi. Perlu adanya jembatan penghubung antar perbedaan yang ada. Komunikasi yang efektif menjadi penentu tercapainya tujuan organisasi.

Seorang pemimpin dapat memberikan arahan kepada bawahannya secara jelas dan tegas sesuai dengan prosedur dalam bekerja. Demikian pula anak buah/teman kerja dapat memberikan masukan tatkala arahan kurang tepat atas tugas yang disampaikannya.

Dalam Ash-Shaffat (37:102) dikisahkan bahwa, maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu.”

Seorang ayah yang baik, yang punya keinginan terhadap anaknya, tidak serta merta memaksakan kehendaknya. Ia mesti berkomunikasi yang baik. Lihatlah komunikasi Ibrahim, ia berkata dengan menceritakan mimpinya. Bukan memerintahkan secara langsung apa keinginannya. Dan diakhiri dengan pertanyaan dan permintaan pendapat. “Bagaimana pendapatmu?”

Ini adalah etika komunikasi terbaik yang dicontohkan seorang ayah. Bisa juga kita sematkan kepada seorang atasan, seorang pimpinan, seorang bos, dan seterusnya. Bahwa ‘perintah’ tidak harus dengan kata-kata perintah. Komunikasi yang baik, akan menghasilkan kerja yang baik yang dikerjakan dengan sukarela. Dan hasilnya luar biasa keren. Kita simak jawaban Ismail.

Masih dalam Ash-Shaffat (37:102), ia (Ismail) menjawab, wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.

Jawaban Ismail ini sungguh di luar dugaan manusia biasa. Jikalau saja Ismail bukan orang pilihan, mungkin saja berbeda jawabannya. Dan Ismail adalalah orang shaleh nan sabar. Jawaban yang diberikan Ismail untuk Ibrahim adalah tentang komunikasi yang baik. Mari kita pelajari.

Ismail mengatakan bahwa, kerjakan apa yang diperintahkan kepadamu, wahai ayah. Jawaban Ismail ini menggambarkan bahwa ia sangat memahami bahwa mimpi yang diceritakan ayahnya adalah sebuah perintah dari Allah. Padahal belum pernah ada perintah menyembelih anak sebelum dan sesudah kisah ini. Ini pesan spesial untuk Ibrahim dan Ismail.

Komunikasi yang baik akan mendapatkan dampak yang baik pula. Tercermin dari komunikasi Ibrahim dan Ismail. Dan Allah mengatakan bahwa, Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata,” (Ash-Shaffat (37:106). Lalu Allah mengganti Ismail yang disembelih itu dengan seekor sembelihan yang besar (37:107).

Berikut ini merupakan pentingnya komunikasi dalam organisasi:

1.  1. Merencanakan

Komunikasi dalam organisasi dinilai sangat penting untuk merencanakan suatu kemajuan organisasi tersebut. Komunikasi yang terstruktur dapat memberikan gambaran yang sistematis dalam merencanakan suatu pekerjaan untuk mencapai kesuksesan bersama. Organisasi yang terencana akan lebih mudah dalam mencapai puncak kesuksesan. 

2. Menyetujui

Sebuah organisasi tentu memiliki anggota organisasi dengan jumlah yang tidak sedikit. Untuk memperlancar suatu perencana maka seorang pemimpin organisasi akan membuka forum diskusi yang mana komunikasi dalam manajemen organisasi akan diaplikasikan di kegiatan ini. Pentingnya komunikasi dalam manajemen organisasi ini adalah untuk menyetujui suatu pernyataan dengan prosedur yang ada, sehingga tidak ada kekacauan selama diskusi berlangsung.

3. Berinteraksi

Komunikasi dalam manajemen organisasi dianggap penting untuk proses interaki anggota organisasi tersebut. Komunikasi yang efektif dapat memberikan kenyamanan kepada anggota organisasi dalam melakukan proses interakasi. 

4. Argumentasi

Setiap organisasi memiliki beberapa anggota kelompok yang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang anggota organisasi akan memiliki pola pikir yang berbeda. Komunikasi dalam manajemen organisasi penting untuk menyampaikan argumentasinya jika tidak setuju saat diskusi berlangsung.

5. Memberi informasi

Komunikasi dalam manajemen organisasi sangat penting untuk memberikan informasi. Sebuah informasi yang baik dari internal maupun eksternal akan diolah secara sistematis oleh organisasi. Artinya, informasi yang disampaikan akan diseleksi kembali mana yang dianggap informasi penting dan mana informasi yang dianggap tidak penting.

6. Mengungkapkan perasaan

Komunikasi tidak hanya sebagai proses interaksi dalam sebuah organisasi. Komunikasi menjadi media ekspresi diri atau sebagai ungkapan perasaan seseorang. Komunikasi dalam manajemen organisasi menjadi hal yang penting karena suatu organisasi akan berjalan sukses apabila tercipta kenyamanan dalam prosesnya. 

7. Menjalin hubungan

Komunikasi dalam manajemen organisasi sangat penting untuk menjalin hubungan terhadap organisasi lain. Hubungan yang dimaksud merupakan hubungan kerjasama antara satu organisasi dengan organisasi lain. Dengan adanya manajemen dalam organisasi maka proses komunikasi dengan organisasi lain akan terstruktur dengan baik.

8. Menyelesaikan permasalahan

Komunikasi dalam manajemen organisasi ini berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah organisasi memiliki permasalahan baik dari segi internal maupun eksternal, tentu saja organisasi tersebut akan mencari bebagai solusi untuk menyelsaikan permasalahan tersebut. Komunikasi dalam manajemen ini menjadi peran utama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang sering muncul dalam organisasi. 

9. Menyampaikan pendapat

Berbeda dengan argumentasi, menyampaikan pendapat biasanya digunakan oleh seorang anggota organisasi pada saat berdiskusi. Seseorang yang  memiliki pendapat berhak untuk menyampaikan pendapatnya pada saat diskusi berlangsung. Pendapat tersebut disampaikan dengan menggunakan tata cara yang benar. Hal ini termasuk ke dalam komunikasi manajemen organisasi. Komunikasi dalam manajemen organisasi merupakan tata cara yang terstruktur dalam berkomunikasi.

10. Meningkatkan kinerja yang produktif

Komunikasi yang telah terstruktur oleh sistem manajemen dalam organisasi ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kinerja anggota organisasi. Komunikasi tersebut memberikan manfaat untuk meningkatkan produktivitas seseorang dalam bekerja.

 

*)Diambil dari berbagai sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MI AL MANAAR KUDUS TAHUN 2022/2023

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Tema 6 Subtema 1

Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 6 Sub Tema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat